Sunday 8 December 2013

Sempu Island

Ini foto yang jadi header profil twitter mince Ririn beberapa bulan lalu dan juga background desktopnya ceuceu *nama leptop mince*. Mince Ririn si percaya sama kata - kata kalo mimpi bakalan lebih gampang terwujud kalo ditulis pake tangan atau ada gambar yang bisa diliat terus. *serius udah beberapa terwujud*
Awal Oktober tahun ini akhirnya kesampain juga ngetrip ke Sempu! Yeah finally!!! *nangis penuh haru*
Biasa, sama partner traveling kece kesayangan si kembar Novi Nova, tapi tetep pake Rockerclimber. Konsep traveling kali ini beda, kalo dulu ke Karimunjawa kita ambil paket, kali ini kita pengen tantangan jadi kita cuma sewa guide sama tenda dan semua keperluan kayak tiket kereta, transportasi di sana ntar gimana kita urus semuanya sendiri *ceritanya mau jadi backpacker tapi masih tetep butuh guide* hahahahaha....
Perjanan singkat nan berkesanpun dimulai...
Jam 21.40 kita mulai perjalanan panjang ke Malang naek kereta, ini perjalanan kembar pertama naek kereta *prok prok prok*. Ingat kawan bahwa tidak semua adegan di film itu benar adanya, kayaknya liat perjalanan kereta di film 5 CM itu indah banget nyatanya fiuuh naek kereta itu nyiksa, untung keretanya sepi jadi kita pada bisa tidur glesotan di bangku - bangku yang kosong.
Pagi - Pagi buka mata ngeliat keluar jendela disuguhin pemandangan indah gini
Pagi jam 7.30 nyampe di Stasiun Malang Kota. Kita lanjut perjalanan naek angkot ke Terminal sekalian sarapan, lanjut lagi oper bis ke Pasar Turen. Nyampe Pasar Turen kita nunggu 3 jam sampe angkot ke Sendang Biru penuh baru berangkat *dunia angkot di sini memang kejam, bayangin 1 angkot L300 wajib diisi 15 penumpang + barang baru mau berangkat*. Perjalanan berlikupun dimulai dan setelah 2 jam akhirnya kita nyampe di Sendang Biru. Sebelum Masuk Pulau Sempu kita harus lapor dulu ke Pos Jaga, di sini kita dikasih wejangan buat ngejaga dan jangan maen - maen sama alam, abis lapor kita makan siang buat bekal perjalan panjang ke Segara Anakan. Posisi udah sore sekitar jam 3 dan di jalan ketemu sama bapak - bapak yang kasih kita wejangan tadi dan si bapak ngomong, "Loh mas belum berangkat? Udah sore loh walaupun udah beberapa kali ke sini dijamin kalian bakal nyasar kalo ngga' buru - buru* matik makin serem aja ini perjalanan.
Kita wajib nyimpen ini nomer kalo di Sempu
Akhirnya kita dapet kapal buat nyebrang, nyebrang cuma butuh waktu 10 - 15 menitan lah. Dan perjalan yang sebenarnya baru akan dimulai. Kita diturunin di Teluk Semut dari sini kita mulai jalan buat masuk ke hutan, untungnya ada 1 rombongan lagi yang juga lagi mau masuk hutan jadi berasa ada temen. Jalan di Pulau Sempu ini naek turun tapi seru! Di sepanjang perjalanan ada suaru burung di atas dan beberapa pasang mata yang ngeliatin kita *monyet* hutannya masih rimbun.
Ngaso dulu
1 setengah jam akhirnya kita udah denger suara deburan ombak, itu tandanya udah mau nyampe Segara Anakan. Nyampe sana udah gelap, guide kita langsung diriin tenda. Lanjut masak Pop Mie, tiba - tiba tetangga tenda sebelah nyamperin kasih kita ikan bakar *yeah muka memelas berhasil*.
Ngobrol ngalor ngidul, jam 9 kita udah pada masuk Sleeping Bag masing - masing. Kita tidur di luar ngelilingin kompor paraffin. Kurang syahdu apa coba malem itu, badan capek, tidur diiringi deburan ombak Samudera Hindia dipadu sama tetangga tenda yang pada akustikan yang bikin makin ngehips tiap buka mata langsung natap bintang bertebaran di langit *perfect combination*.
Selamat pagi...
Bangun - bangun badan seger banget dan perut krucuk - krucuk. Cuma Pop Mie, susu, sama roti yang kita punya. Buat isi perut kita makan roti bakar disusuin *masalah muncul lagi, kita ngga' punya mentega akhirnya minta deh sama tetangga sebelah*. Mungkin tetangga tenda sebelah makin miris kali ya sama kita dan kita dikasih pancake buat sarapan *baik banget emang mereka ini*.
Pengganjal perut selama di Sempu
Abis sarapan kita maen ke tebing atas tenda buat liat Samudera Hindia, sambil numpang ngeheits *nyetok foto*
 Foto sama Nakita, anak keluarga tenda sebelah *mince minder kalo sama dia, anak sekecil ini udah nyampe Rinjani, Mahameru, dan puncak gunung - gunung ngeheits buat para pendaki*
Samudera Hindia
Tebing yang belakangnya langsung Samudera Hindia
Foto Sempu versi Mince
Obok - obok Segara Anakan dulu *entah kenapa tiap traveling pasti ketemu anak kecil walaupun di tempat macem Sempu sekalipun*
Pas lagi asik - asik renang, tiba - tida dari karang bolong ada yang minta tolong, katanya temennya jatoh dan kepalanya bocor jadi butuh kasur angin yang kita pake buat bawa temennya. Jadi inget pesen bapak - bapak di Pos Jaga kalo kita udah diingetin buat ngga' ke karang bolong *udah ada tulisan gede juga di situ berbahaya*. Satu lagi ni, malemnya rombongan yang temennya jatoh ini nebang pohon di tebing atas tenda sampe abis buat mereka bikin api unggun. Ntah kebetulan atau ngga' mungkin alam marah sama mereka.
Foto dulu sama tetangga tenda baik hati yang selalu kasih kita makan *yang perempuan di paling belakang itu mamanya Nakita*
Ngga' semua yang di Sempu itu indah kawan, sebagian keindahan Sempu udah dirusak sama traveler nakal yang ngga' bertanggung jawab ninggalin sampah mereka gitu aja atau ngebakar sampah biar lebih praktis daripada dibawa balik ke Sendang Biru.
Tumpukan sampah yang dikerubutin monyet - monyet mohawk
Saking asiknya maen aer lupa deh kalo harus buru - buru pulang, kita baru selesai bongkar tenda segala macem jam 9.
Bye SEMPU!
 Abis pamitan sama tetangga tenda baik hati kita langsung cabut balik.
 Teluk Semut
Otw Sendang Biru
Akhirnya nyampe juga di Sendang Biru, kita langsung mandi trus nunggu angkot buat balik ke Kota. Nyampe stasiun Malang Kota udah jam 5 sorean rencananya mau beli tiket pulang hari itu dan ternyata Kereta Matarmaja berangkat jam 4 sore *speachless*. Loket udah tutup CS juga tutup akhirnya kita mutusin buat makan, soalnya siang tadi kita belum sempet makan sambil mikirin gimana selanjutnya. Mince search di Google deh penginapan murah meriah di deket stasiun, dan pilihan jatoh di hotel Helios *hotel buat foreign backpackers*. Udah dapet kamar, sayang yang sekamar Rp 100.000,- udah abis dan kebagian kamar yang harga sewanya Rp 200.000,- tapi hotel ini emang pengertian sama backpackers, kita dapet diskon deh 10% *lumayan save Rp 40.000,-* hahahahaa.
Akhirnya kehidupan kembali! Shower, air anget, kasur empuk, tv, kipas *elusin satu - satu*. Udah kece nih, kita mutusin buat nongsky di Kongkow Cafe, td pas jalan ke hotel sepanjang jalan banyak cafe jadi kita pengen aja nyobain jadi anak gahool Malang.
 Makanannya enak, murah meriah, dan ada maenan UNO
Tempatnya cozy banget
Enough for today, lanjut bobok unyu di hotel biar paginya kita bisa bangun pagi beli tiket.
Abis sarapan kita langsung ke stasiun antri tiket, abis nunggu lama akhirnya nomernya dipanggil. Nyampe depan loket, si mbaknya kasih surprise, "Maaf mbak tiket Matarmaja hari ini udah abis dari kemaren". Lagi - lagi dibikin speachless *sigh* mutusin buat balik hotel packing trus naek bis ke Surabaya ngejar kereta dari Surabaya, kalo kekejar waktunya dan ternyata ngga' kekejar. Emang perjalanan kali ini kayaknya kita ditakdirin buat balik ke Semarang naek bis biar ngerasain macem - macem public transportation *nangis di pojokan*.
I have a lot of experience from this journey, make me more patient, keep calm, and more more respect to nature!
Let's Eat and Traveling fellas!